PENGARUH TERAPI PERILAKU : TOKEN ECONOMY TERHADAP KEMAMPUAN PERAWATAN DIRI PADA PASIEN SKIZOFRENIA DIRUANG RAWAT INAP RSJD PROVINSI JAMBI TAHUN 2015

MARTA, SURI (2015) PENGARUH TERAPI PERILAKU : TOKEN ECONOMY TERHADAP KEMAMPUAN PERAWATAN DIRI PADA PASIEN SKIZOFRENIA DIRUANG RAWAT INAP RSJD PROVINSI JAMBI TAHUN 2015. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis)
201601271658th_marta suri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)

Abstract

Kurangnya perawatan diri pada pasien skizofrenia terjadi akibat adanya perubahan proses pikir sehingga kemampuan untuk melakukan aktivitas perawatan diri menurun salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan token economy.Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh terapi token economy terhadap kemampuan perawatan diri pasien skizofrenia.Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain pre- post test with control group design. Intervensi perilaku menggunakan terapi token economymelalui 4 sesi dengan variabel pengukur yaitu perilaku mandi, berhias, makan dan toileting.Sampel penelitian berjumlah 34 orang pada kelompok intervensi dan 34 orang pada kelompok kontrol.Penelitian ini dilakukn di Rumah Sakit Jiawa Daerah Provinsi Jambi pada bulan Agustus sampai September tahun 2015.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dengan skala Guttman. Analisis data menggunakan uji t dependen dan independen serta regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perbedaan bermakna kemampuan merawat diri pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah dilakukan terapi token ekonomy; terjadi perbedaan bermakna kemampuan merawat diri setelah dilakukan terapi token ekonomi antar kelompok; Faktor usia dan jenis kelamin berkontribusi sebesar 25,1% terhadap kemampuan merawat diri pasien. Disarankan bagi pihak rumah sakit agarada kebijakan dalam penerapan terapi token ekonomyuntuk seluruh pasien gangguan jiwa yang mengalami defisit perawatan diri. Disamping itu, perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam melakukan terapi token economy. Kata Kunci : Skizofrenia, terapi token ekonomy, kemampuan merawat diri Daftar Pustaka : 60 (tahun 2000-2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:55
Last Modified: 11 Aug 2016 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14712

Actions (login required)

View Item View Item