ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM MAYJEN H.A.THALIB KABUPATEN KERINCI TAHUN 2015

YOSEP, ANDRI PUTRA (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT UMUM MAYJEN H.A.THALIB KABUPATEN KERINCI TAHUN 2015. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis)
201601270848th_tesis_yosep_siap_untuk_pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Tingginya kejadian kecemasan pada anak usia sekolah yang menjalani hospitalisasi di rumah sakit mengakibatkan disfungsi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan anak usia sekolah yang menjalani hospitalisasi. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 55 anak usia sekolah yang dirawat diruang rawat inap RSU Mayjend H.A. Thalib Kerinci. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawan cara terpimpin dari tanggal 20 agustus sampai dengan 20 september 2015. Analisis data menggunakan uji chi-square dan Regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, pengalaman dirawat, lama hari rawat, penyakit yang diderita, penghasilan orang tua, lingkungan rumah sakit dan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak (pvalue <0.05). Faktor yang paling berhubungan dengan tingkat kecemasan anak adalah faktor lingkungan rumah sakit (p-value= 0,008, OR= 4,792). Mengingat ada beberapa faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan anak usia sekolah, maka anak yang menjalani hospitalisasi perlu diberikan terapi bermain, terapi generalis dan terapi PMR untuk menurunkan tingkat kecemasan anak selama menjalani hospitalisasi. Kata kunci: Tingkat kecemasan, anak usia sekolah, faktor internal dan faktor eksternal Daftar pustaka : 61 (2004- 2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:46
Last Modified: 11 Aug 2016 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item