EVALUASI KINERJA UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN INDIKATOR SATUAN KERJA BADAN LAYANAN UMUM BIDANG LAYANAN PENDIDIKAN

MISNELI, MISNELI (2016) EVALUASI KINERJA UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN INDIKATOR SATUAN KERJA BADAN LAYANAN UMUM BIDANG LAYANAN PENDIDIKAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
201601280839th_misneli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Dalam penilaian kinerja BLU untuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2012 yang dilakukan oleh Kemdikbud, terdapat 24 Institusi pendidikan yang berstatus Badan Layanan Umum termasuk di antaranya adalah Universitas Andalas yang berstatus BLU pada tahun 2009 dengan peringkat 14 dari 24 Institusi pendidikan tersebut. Berdasarkan keputusan tersebut peneliti tertarik untuk menilai kinerja BLU Unand pada tahun 2014 dan mengevaluasi kendala yang di hadapai terhadap kinerja yang tidak tercapai serta evaluasi terhadap target atau skor kinerja dari indikator satuan kerja BLU itu sendiri serta rekomendasi yang diberikan. Metode penelitian ini adalah menggunakan mixed methode (gabungan antara kuantitatif dan kualitatif). Proses penelitian diawali dengan mengambil data penelitian, mengolah data, wawancara dan hasil akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja BLU Unand pada tahun 2014 adalah baik dengan predikat A dengan skor 74,3. Pada tahun 2014 kinerja Unand jika dinilai dari Indikator BLU belum memuaskan karena skor tertinggi adalah sangat baik dengan predikat AAA dan total skor lebih dari 95 . Ada beberapa target dari indikator yang belum tercapai di antaranya pada aspek keuangan yaitu rasio kas, rasio lancar, perputaran asset tetap, imbalan ekuitas, rasio pendapatan PNPB terhadap biaya operasional, RBA definitif, laporan keuangan berdasarkan SAK, Surat Perintah Pengesahan Pendapatan Dan Belanja (SP3B) BLU, SOP pengelolaan piutang dan SOP pengelolaan utang. Sementara jika di lihat dari aspek pelayanan yang belum tercapai adalah akreditasi, prestasi dan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: BLU, Kinerja, Keuangan, Pelayanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:36
Last Modified: 11 Aug 2016 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item View Item