BROSUR ATRAKTIF LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO BERBASIS AUGMENTED REALITY

Andre, Harmaizi (2014) BROSUR ATRAKTIF LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0131.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya komputer berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat bagi manusia dibidang informasi, edukasi, dan komunikasi. Salah satu produk promosi yang memanfaatkan teknologi komputer untuk membuatnya dan menampilkannya adalah pada pembuatan media brosur yang memanfaatkan teknologi augmented reality. Selain mampu menggabungkan objek virtual dengan realita sebenarnya, augmented reality memungkinkan pengguna melakukan interaksi 3 dimensi secara langsung sehingga akan memberi kesan tersendiri bagi pengguna. Dalam Tugas akhir ini dibuat sebuah brosur atraktif laboratorium Teknik Elektro berbasis augmented reality yang bertujuan untuk menampilkan objek 3D laboratorium tepat diatas brosur yang telah diberi marker. Sistem ini dibuat sebagai media promosi untuk acara pekan elektro khususnya pada kegiatan open lab. Proses yang dilakukan oleh user adalah user mengaktifkan aplikasi augmented reality laboratorium pada komputer, maka webcam akan aktif dan muncul jendela mode video pada layar komputer, lalu user mengarahkan brosur yang telah diberi marker ke webcam. Keluaran dari sistem ini adalah munculnya objek 3D laboratorium tepat diatas brosur sesuai dengan marker yang telah ditentukan dan akan tertampil pada layar komputer. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada 50 responden dengan 9 pertanyaan yang dibagi menjadi 3 kategori, untuk kategori atraktif dibagi menjadi 2 sub bab (tampilan dan penggunaan) diperoleh hasil pengujian sebesar 56,7% untuk tampilan dan 66% untuk penggunan, kategori informatif dibagi menjadi 3 sub bab (kelengkapan, pemahaman dan kepuasan) diperoleh hasil pengujian sebesar 62% untuk kelengkapan, 66% untuk pemahaman dan 72% untuk kepuasan, sedangkan untuk kategori kelayakan dibagi menjadi 2 sub bab (aplikasi dan promosi) diperoleh hasil pengujian sebesar 54% untuk aplikasi dan 68% untuk promosi. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sistem ini atraktif, informatif dan layak digunakan sebagai media promosi pada acara pekan elektro khususnya kegiatan open lab. Kata kunci : atraktif, augmented reality, brosur, marker, objek 3D, open lab, pekan elektro

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 10 Aug 2016 09:30
Last Modified: 10 Aug 2016 09:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item