Manajemen Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Program Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK di Provinsi Sumatera Barat

FAUZAN, FITRAH (2016) Manajemen Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Program Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
FAUZAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen yang dilakukan olehDinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam Program Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK di Provinsi Sumatera Barat.Kajian ini dilatarbelakangi oleh adanya usaha untuk memperbaiki permasalahan pedidikan yang merupakan salah satu fokus penting pemerintah saat ini. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah dimana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku instansi yang bertanggung jawab dibidang pendidikan adalah program pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMA/SMK.Rendahnya mutu pendidikan saat ini menggambarkan kualitas dan profesionalitas guru yang penting untuk ditingkatkan. Karena begitu urgent-nya pendidikan untuk generasi muda mengharuskan pemerintah melalui Dinas terkait untuk lebih fokus pada peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru sebagai tenaga pendidik yang akan melakukan proses belajar mengajar agar menjadikan siswa/i memiliki kapasitas kompetensi yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen yang dikemukakan Dalton E.Mc. Farland Hasil penelitian dengan menggunakan teori Manajemen menurut Daltone.mc. farland. Hasil penelitian ini menunjukan bahwamanajemen yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dalam pemberdayaan program MGMP SMA/SMK berjalan dengan kurang baik. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan Dinas memprediksi kemungkinan yang akan terjadi, sehingga terjadi kekurangan dalam hal dana. Banyaknya rangkap jabatan disebabkan kurangnya sumber daya mausia, dan kurangnya instruksi langsung dari Dinas tidak mempengaruhi kelancaran program pemberdayaan MGMP SMA/SMK di Provinsi Sumatera Barat. Kata Kunci: Manajemen, Program pemberdayaan MGMP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:45
Last Modified: 10 Aug 2016 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item