Analisis Pengaruh Upah Minimum Provinsi (UMP), Produktivitas, dan Jumlah Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur Menengah dan Besar di Provinsi Sumatera Barat

Liza, Fauziah Indra (2016) Analisis Pengaruh Upah Minimum Provinsi (UMP), Produktivitas, dan Jumlah Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Manufaktur Menengah dan Besar di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201602161324th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Ketenagakerjaan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam masalah pembangunan. Penyerapan tenaga kerja diperlukan dalam distribusi pendapatan yang nantinya akan berdampak pada pembangunan. Suatu proses pembangunan melakukan perubahan mendasar atas struktur sosial, sikapsikap masyarakat, dan institusi nasional yang juga tetap memperhatikan pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengentasan kemiskinan (Todaro, 2000). Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah umum dan mendasar yang dihadapi oleh hampir semua Negara di dunia, antara lain terkait dengan masalah kesempatan kerja, tingkat upah yang rendah serta produktivitas yang rendah. Masalah ini juga merupakan masalah yang kompleks dimana didalamnya mengandung dimensi ekonomis, dimensi sosial, kesejahteraan dan dimensi sosial politik (Tjiptoherijanto,2000).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:34
Last Modified: 10 Aug 2016 02:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item