TINGKAT SERANGAN Brontispa longissima (Gestro) (COLEOPTERA : CHRYSOMELIDAE) PADA KELAPA (Cocos nucifera L.) VARIETAS DALAM DAN GENJAH DI KABUPATEN SOLOK

KIKI, FAJRINA SIMAMORA (2016) TINGKAT SERANGAN Brontispa longissima (Gestro) (COLEOPTERA : CHRYSOMELIDAE) PADA KELAPA (Cocos nucifera L.) VARIETAS DALAM DAN GENJAH DI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201602241255th_skripsi kiki fajrina simamora 1110212028 upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Serangan Brontispa longissima telah menyebar hampir ke seluruh pertamanan kelapa di Indonesia, sehingga perlu dilakukan pengukuran tingkat serangan sebagai acuan dalam strategi pengendalian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat serangan B. longissima pada kelapa varietas genjah dan dalam serta hubungannya terhadap produksi buah pada pertanaman kelapa di Kabupaten Solok. Purposive random sampling digunakan dalam penelitian dengan kriteria luas lahan ± 0,5 ha, tanaman kelapa yang telah berbuah, dan terdapat kelapa varietas genjah dan dalam. Parameter yang diamati meliputi kondisi pertanaman, persentase tanaman terserang, persentase pelepah terserang, dan jumlah buah kelapa. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat serangan hama B. longissima pada tanaman kelapa varietas genjah dan dalam. Persentase tanaman terserang B. longissima di Kabupaten Solok pada varietas genjah 60,26% dan dalam 83,34%, dan persentase pelepah terserang 11,64% dan 12,67%. Koefisien korelasi pada varietas genjah yaitu -0,497 dan pada varietas dalam -0,564. Hubungan antara persentase pelepah kelapa terserang dengan jumlah buah kelapa sedang. Kata kunci : Tingkat serangan, Brontispa longissima, Cocos nucifera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:09
Last Modified: 09 Aug 2016 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item