KONDISI SUHU REKTAL, FREKUENSI RESPIRASI DAN FREKUENSI DENYUT JANTUNG KAMBING PERAH LAKTASI DENGAN PEMBERIAN DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz)

ADE, WAHYUDI (2015) KONDISI SUHU REKTAL, FREKUENSI RESPIRASI DAN FREKUENSI DENYUT JANTUNG KAMBING PERAH LAKTASI DENGAN PEMBERIAN DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201602231438rd_1_combine.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi suhu rektal, frekuensi respirasi dan frekuensi denyut jantung pada kambing perah laktasi yang diberi pakan daun ubi kayu (Manihot esculenta Crantz). Ternak yang digunakan pada penelitian ini adalah kambing PE yang sedang laktasi sebanyak 20 ekor yang terdapat di Kenagarian Sikabu,Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah pemberian pakan daun ubi kayu sebanyak A (0%), B (2%), C (4%), D (6%), E (8%) dari bobot tubuh kambing. Peubah yang diamati adalah suhu rektal, frekuensi respirasi dan frekuensi denyut jantung.Hasil penelitian menunjukkan pemberian pakan daun ubi kayu meningkatkan frekuensi respirasi dan frekuensi denyut jantung tetapi tidak mempengaruhi suhu rektal. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan daun ubi kayu sampai dengan 8% dari bobot tubuh pada perlakuan (E) diperoleh suhu rektal 38,76 oC, frekuensi respirasi 20,96 hembusan/menit dan frekuensi denyut jantung 74,03 kali/menit. Kata kunci : Kondisi Suhu Rektal, Frekuensi Respirasi, Frekuensi Denyut Jantung, Kambing Perah, Laktasi, Daun Ubi Kayu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:00
Last Modified: 09 Aug 2016 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item