STUDI SISTEM ANTRIAN DARI LOADING CONVEYOR SAMPAI PROSES PEREBUSAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Studi Kasus di PT. Bina Pratama Sakato Jaya Kabupaten Solok Selatan)

RAHMANDA, PRATAMA PUTRA (2016) STUDI SISTEM ANTRIAN DARI LOADING CONVEYOR SAMPAI PROSES PEREBUSAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Studi Kasus di PT. Bina Pratama Sakato Jaya Kabupaten Solok Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI)
201602171205th_burning_putra1.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

PT. Bina Pratama Sakato Jaya (BPSJ SS2) merupakan perusahan yang bergerak dibidang agroindustri pertanian. Salah satu hasil pengolahanya adalah Crude Palm Oil (CPO). Untuk memperoleh CPO yang berkualitas pengolahan harus dilakukan dengan efektif dan efisien, agar tidak terjadi penumpukan Tandan Buah Segar (TBS) yang akan menyebabkan tingginya kadar asam lemak bebas (ALB) dari CPO yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem antrian pada pengolahan bahan baku Tandan Buah Segar kelapa sawit dari Loading Conveyor sampai ke proses perebusan dengan karakteristik yang terdapat dalam sistem antrian. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu 1 siklus perebusan yang terdiri dari 3 kali proses perebusan. Datadata yang diperlukan dalam penelitian ini seperti data waktu pengisian lori, waktu perpindahan lori menuju TC, waktu perpindahan lori menuju sterilizer, waktu tunggu, dan waktu perebusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian yang di terapkan pabrik ini adalah FIFO (first in first out) dengan model antrian single server. Tingkat kesibukan sistem dari 5 hari kerja adalah 186% (sangat sibuk). Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah yang terjadi pada saat proses pengolahan. Solusinya adalah dengan segera memperbaiki Line service yang rusak. Model antrian yang sesuai dengan pabrik ini adalah multiple server dengan 2 service unit dan tingkat kesibukan pabrik berkurang menjadi 87%. Kata Kunci : laju kedatangan, laju pelayanan, sistem antrian, tandan buah segar, tingkat kesibukan sistem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:16
Last Modified: 09 Aug 2016 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item View Item