ANALISIS PENERAPAN STANDAR BIAYA PENYUSUNAN DPA DALAM PENGANGGARAN KEGIATAN DAN PENYUSUNAN ANALISIS STANDAR BELANJA PADA PEMERINTAH KOTA PADANG

WAHYU, KUSUMANINGSIH (2016) ANALISIS PENERAPAN STANDAR BIAYA PENYUSUNAN DPA DALAM PENGANGGARAN KEGIATAN DAN PENYUSUNAN ANALISIS STANDAR BELANJA PADA PEMERINTAH KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS WAHYU KUSUMANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Peraturan Walikota Padang tentang Pedoman Standar Biaya penyusunan DPA tahun 2015 telah digunakan dalam penyusunan anggaran kegiatan penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor di lingkungan Pemerintah Kota Padang, serta membuat model analisis standar belanja kegiatan penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor di lingkungan Pemerintah Kota Padang. Penyusunan ASB dilakukan berdasarkan anggaran yang terdapat dalam dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2015 dan model ASB dengan anggaran yang disesuaikan dengan standar biaya dalam Peraturan Walikota Padang No. 15 tahun 2015. Selain itu, penelitian ini juga untuk melihat perbedaan antara kedua model ASB tersebut dan memilih model yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Perwako Nomor 15 Tahun 2015 dalam penganggaran kegiatan penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masih beragam. Dari sisi jumlah anggaran yang diperkenankan oleh Perwako, rata-rata SKPD tidak menggunakan biaya tertinggi. Hasil verifikasi kewajaran dengan model ASB yang menggunakan data DPA tahun 2015 terdapat 2 SKPD yang overfinancing dan 1 SKPD yang underfinancing. Model ASB dengan penyesuaian pada standar biaya menghasilkan nilai yang wajar untuk seluruh SKPD. Pembuatan model ASB dengan penyesuaian pada standar biaya menghasilkan model yang lebih baik dibandingkan dengan model ASB dengan data DPA tahun 2015, karena memiliki deviasi standar yang lebih kecil. Kata kunci: anggaran berbasis kinerja, standar biaya, analisis standar belanja, cost driver.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:54
Last Modified: 10 Aug 2016 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14551

Actions (login required)

View Item View Item