ANALISA KINERJA KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH(UPTD) BALAI METROLOGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROPINSI SUMATERA BARAT

ERLIN, ROSALINA (2016) ANALISA KINERJA KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH(UPTD) BALAI METROLOGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROPINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2.BAB 1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BABV.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (TESIS UTUH)
5. Tesis Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul “ Analisis Kinerja Keuangan dan Kualitas Pelayanan Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Barat “ karena dilatar belakangi oleh masalah bahwa selama ini pengukuran kinerja hanya berdasarkan pada aspek keuangan saja dan mengabaikan aspek non keuangan lainnya. UPTD Balai Metrologi adalah organisasi sektor publik dimana visi dan misi yang ingin dicapai dalam organisasi sektor publik adalah terwujudnya sistem pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat oleh karena itu pengukuran kinerja dari kedua aspek tersebut sangat diperlukan. Penelitian ini menganalisis kinerja keuangan dan menganalisis kualitas dari pelayanan UPTD Balai Metrologi. Analisis kinerja keuangan diukur dengan mengggunakan variabel daya serap anggaran dan target serta realisasi penerimaan retribusi. Untuk analisis kualitas pelayanan, variabel yang digunakan adalah SERVQUAL dengan menggunakan dimensi tangibility, reliability, responsivenees, assurance dan emphaty. Metode SERVQUAL digunakan untuk melihat kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan data sekunder untuk analisis kinerja keuangan dan data primer berupa pengisian kuesioner yang diberikan pada responden dari pelanggan pengguna jasa UPTD Balai Metrologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan UPTD Balai Metrologi menunjukan tingkat keberhasilan keuangan sebesar 96,91% dan dikategorikan Sangat Berhasil. Berdasarkan analisis kualitas pelayanan dimana tingkat kualitas pelayanan yang dicapai sebesar 74,64% dan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 84,37% dengan total nilai kinerja keselurahan dari aspek kualitas pelayanan adalah sebesar 79,50% dengan kategori Berhasil. Secara keseluruhan kinerja UPTD Balai Metrologi dari aspek kinerja keuangan dan kualitas pelayanan adalah sebesar 88,20 % dengan kategori Sangat Berhasil. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Kualitas Pelayanan , SERVQUAL

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:40
Last Modified: 09 Aug 2016 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item