PEMUNGUTAN BIAYA ADMINISTRASI SEBAGAI PENDAPATAN ASLI DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN NAGARI KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

BAGUS, BAGUS (2014) PEMUNGUTAN BIAYA ADMINISTRASI SEBAGAI PENDAPATAN ASLI DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN NAGARI KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0106.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sumatera Barat, pemerintahan terendah sebelumnya bernama nagari namun dengan berlakunya Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1979 dipaksakan menamakan pemerintahan terendahnya dengan desa, padahal menurut sosiolog Dr Mochtar Naim, antara nagari dan desa itu masing-masing mewakili dua sistem dari dua sistem itu merupakan kutub budaya yang saling bertentangan, dimana yang satu adalah antitesis terhadap yang lainnya. Desa adalah cerminan dari sebuah sistem pemerintahan yang feodalistis dan sentralis-vertikaltopdown yang berasal dari Jawa, sedangkan Sistem pemerintahan nagari yang sejak "nenek moyang" orang Minang bercirikan egaliter, mandiri, dan berorientasi ke masyarakat 4 (kerakyatan),3 sehingganya masyarakat yang tidak sesuai kulturnya dengan desa kurang merasakan pelayanan pemerintahan terendahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 08 Aug 2016 09:57
Last Modified: 08 Aug 2016 09:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item