EVALUASI PERUBAHAN LAHAN SAWAH CETAK BARU DI KENAGARIAN SUNGAI DAREH DAN SIGUNTUR DAERAH IRIGASI BATANG HARI DI KABUPATEN DHARMASRAYA

WENKI, LERIKO (2014) EVALUASI PERUBAHAN LAHAN SAWAH CETAK BARU DI KENAGARIAN SUNGAI DAREH DAN SIGUNTUR DAERAH IRIGASI BATANG HARI DI KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0102.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan memetakan alih fungsi lahan sawah bukaan baru di Kenagarian Sungai Dareh dan Siguntur serta mengevaluasi penyebab alih fungsi lahan sawah tersebut kelahan pertanian atau non sawah. Penelitian ini dilaksanakan di blok tersier RK.1 Ki, SG.2Ka, SG.3Ka, SG.4Ki, SG.5Ki, SG.5Ki Daerah Irigasi Batang Hari di Kenagarian Sungai Dareh dan Siguntur Kabupaten Dharmasraya. Tahap pengambilan data berupa tracking dari lahan sawah yang telah mengalami alih fungsi dengan cara mentracking atau mengitari lokasi lahan yang telah beralih fungsi berjalan dengan menggunakan GPS, sehingga terbentuk track dan kemudian di_digitasi ke peta dasar dengan menggunakan software arcview, kemudian di_overlay sehingga didapatkan peta perubahan penggunaan lahan sawah. Hasil penelitian menunjukkan seluas 27,51 Ha mengalami perubahan penggunaan lahan dari 99,38 Ha lahan sawah. Perubahan lahan sawah yang terjadi ini bervariasi kedalam jenis tanaman perkebunan seperti karet 20,96 Ha dan coklat 0,73 Ha serta lahan kosong yang tidak dimanfaatkan lagi menjadi lahan sawah seluas 5,82 Ha. Penyebab perubahan lahan sawah ini adalah karena pemilik lahan yang memiliki modal 38 %, ketersediaan air irigasi yang tidak mencukupi 34 %, dan sisanya sebanyak 28 % disebabkan oleh pemilik lahan yang tidak biasa bertanam padi dan pengaruh dari masyarakat di lingkungan sekitar yang telah terlebih dahulu menanam tanaman perkebunan. Kata kunci : Lahan sawah baru, Alih fungsi lahan, Sawah irigasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 08 Aug 2016 09:48
Last Modified: 08 Aug 2016 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item