Geno Averill, Ratas (2015) Program Bauran Promosi Pada CV.Citra Singgalang Motor Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Universitas Andalas)
201503111437th_laporan magang geno averill ratas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat saat ini, tentu akan menuntut tingginya persaingan antar perusahaan. Sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi yang efektif dan efisien untuk memenangkan persaingan global. Persaingan yang ketat tidak dapat dihindari lagi oleh perusahaan-perusahaan baik yang berskala besar maupun yang berskala kecil. Agar perusahaan tetap eksis dan mampu bekembang tentu diperlukan pengelolaan usaha yang baik. Pengelolaan usaha yang baik dapat diartikan mampu mengelola secara baik pada bidang-bidangnya, salah satu diantaranya yang tidak kalah penting adalah bidang pemasaran. Sejalan dengan perkembangan perekonomian maka Pemasaran (marketing) menjadi subyek yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain (Kotler dan Armstrong : 2007). Tanggung jawab pokok seorang manajer pemasaran adalah melakukan analisis pasar, merencanakan dan melaksanakan program-program pemasaran, melakukan pengawasan dan evaluasi untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Salah satu upaya agar produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen adalah dengan melaksanakan promosi secara tepat dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan itu sendiri. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai media seperti: advertising, personal selling, sales promotion dan publisitas. Kegiatan promosi dapat juga dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa media promosi dan disebut bauran promosi. Bauran promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang bertujuan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan pelanggan atau konsumen tentang sasaran perusahaan dan bauran pemasarannya. Bauran Promosi adalah kombinasi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan pelaksanaan bauran promosi sangat tergantung kepada kematangan penyusunan strategi. Strategi adalah rencana yang luas, menyeluruh, dan terpadu yang menghubungkan keunggulan-keunggulan strategis perusahaan, untuk menghadapi berbagai tantangan yang muncul dari lingkungan perusahaan baik intern maupun ekstern. Strategi bauran promosi sangat penting pengaruhnya terhadap penjualan perusahaan. Strategi bauran promosi mengkombinasikan periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat menjadi program yang terkoordinasi untuk berkomunikasi dengan pembeli/pelanggan dan pihak lain yang terlibat dalam keputusan pembelian. Banyaknya persaingan dalam pemasaran ini membuat setiap perusahaan harus matang merencanakan strategi agar perusahaannya dapat bertahan. Dengan ini penulis tertarik mengangkat judul “Program Bauran Promosi Pada CV. Citra Singgalang Motor Padang”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | Mr Iswadi S Nupin |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 08:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14495 |
Actions (login required)
View Item |