PENGARUH DOSIS INOKULUM Bacillus amyloliquefaciens DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP PERUBAHAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN BIJI KARET (Hevea brasiliensis)

PATIMAH, NASUTION (2015) PENGARUH DOSIS INOKULUM Bacillus amyloliquefaciens DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP PERUBAHAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN BIJI KARET (Hevea brasiliensis). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum Bacillus amyloliquefaciens dan lama fermentasi terhadap perubahan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen biji karet (Hevea brasiliensis). Penelitian ini dilaksanankan di Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia (NNR) Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah dosis inokulum yaitu A1 : 2%, A2 : 3% dan A3 : 4%. Faktor kedua lama fermentasi yaitu B1 : 2 hari, B2 : 4 hari dan B3 : 6 hari. Peubah yang diamati adalah perubahan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara dosis inokulum dengan lama fermentasi terhadap penurunan bahan kering, peningkatan protein kasar dan retensi nitrogen. Dosis inokulum memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap penurunan bahan kering dan protein kasar, namun berbeda nyata (P<0,05) terhadap retensi nitrogen. Lama fermentasi memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap penurunan bahan kering dan peningkatan protein kasar, namun berbeda nyata (P<0,05) terhadap retensi nitrogen. Hasil penelitian yang terbaik yaitu pada dosis inokulum 3% dan lama fermentasi 4 hari, dapat menurunkan bahan kering sebesar 10%, meningkatkan protein kasar sebesar 9,10% dan meningkatkan nilai retensi nitrogen sebesar 57,04%. Kata kunci : Biji karet, Bacillus amyloliquefaciens, fermentasi, protein kasar dan retensi nitrogen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:45
Last Modified: 14 Aug 2016 09:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item