ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR (Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Yohan Isnoel Farm Di Kenagarian Sago Sianik Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan)

YONITA, HEKSAYANI (2015) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR (Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Yohan Isnoel Farm Di Kenagarian Sago Sianik Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201508271249th_skripsi - yonita heksayani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Peternakan Ayam Ras Petelur Yohan Isnoel Farm di Kenagarian Sago Sianik Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 10 Februari 2015 sampai 10 April 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan usaha ayam ras petelur Yohan Isnoel Farm dan untuk mengetahui nilai profitabilitas usaha ayam ras petelur Yohan Isnoel Farm. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara, dan data sekunder berupa catatan pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yohan Isnoel Farm memelihara ayam petelur fase starter, grower dan layer dengan populasi 9769 ekor. Strain ayam yang dipelihara adalah Isa Brown yang berasal dari Charoon Phokpand. Kandang ayam grower dan layer menggunakan kandang batteray sedangkan kandang starter menggunakan kandang litter. Pada fase starter memiliki satu kandang, fase grower memiliki satu kandang dan fase layer terdiri dari lima kandang. Pakan yang diberikan pada ayam DOC adalah dalam bentuk pakan jadi atau pakan komplit dari pabrik. Sedangkan pakan grower dan layer menggunakan pakan yang merupakan buatan sendiri. Pemberian air minum diberikan secara ad libitum. Pemasaran hasil produksi dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu 1) dijual di kandang dimana konsumen dating sendiri, 2) dijual kepedagang perantara yang selanjutnya menjual eceran ke konsumen dan 3) dijual kewarung-warung yang ada disekitar lokasi peternakan. Nilai Gross Profit Margin (GPM) YohanIsnoel Farm yaitu 0,11 atau 11%, nilai Operating Profit Margin 0,10 atau 10% dan nilai Total Assets Turnover (TAT) 0,39 kali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 07 Aug 2016 08:18
Last Modified: 07 Aug 2016 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item