ANALISIS PERAN PENYULUH PERTANIAN MEMFASILITASI KELOMPOK TANI DALAM MENJALANKAN FUNGSINYA DI NAGARI SUNGAI NANAM KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

GENTA, TRIPUTRA (2015) ANALISIS PERAN PENYULUH PERTANIAN MEMFASILITASI KELOMPOK TANI DALAM MENJALANKAN FUNGSINYA DI NAGARI SUNGAI NANAM KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201506031138rd_genta triputra_1010223045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan profil kelompok- kelompok tani di Nagari sungai Nanam, (2) Menganalisis peran penyuluh pertanian memfasilitasi kelompok tani dalam menjalankan fungsinya, (3) Melihat dan mengukur peran penyuluh pertanian memfasilitasi kelompok tani dalam menjalankan fungsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdirinya kelompok tani di nagari Sungai Nanam beralasankan untuk memperoleh bantuan dari pemerintah seperti halnya bantuan bibit, pupuk, alat-alat pertanian dan yang lainya tanpa merasakan manfaat yang sebenarnya dari kelompok tani. Sehingga kelompok masih belum mampu menjalankan 3 fungsi utama dari kelompok yaitu kelas belajar, wahana kerja sama dan unit produksi. Dalam peran penyuluhan, penyuluh masih cenderung dalam pencapaian hasil produksi sehingga fungsi- fungsi yang harus dimiliki kelompok belum menjadi fokus dalam kegiatan penyuluhan. Hal ini juga terlihat dalam pengukuran peran penyuluh dalam memfasilitasi kelompok tani. Dengan menggunakan pendekatan skala likert yang diambil dari persepsi petani memberikan hasil peran penyuluh memfasilitasi kelompok dalam menjalankan fungsi kelas belajar dengan skor 1,51 yang menunjukan pada rentang skor penyuluh tidak berperan, memfasilitasi kelompok dalam menjalankan fungsi wahana kerja sama dengan skor 1,26 yang menunjukan pada rentang skor penyuluh tidak berperan serta dalam memfasilitasi kelompok dalam menjalankan fungsi unit produksi dengan skor 1,93 yang menunjukan pada rentang skor peyuluh kurang berperan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:32
Last Modified: 14 Aug 2016 09:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item