ANALISIS YURIDIS TERHADAP PUTUSAN SENGKETA MEREK DALAM PERKARA NOMOR 13/MEREK/2010/PN.JKT.PST DI PENGADILAN NIAGA JAKARTA PUSAT

SELLY, YULANDA IMRAN (2015) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PUTUSAN SENGKETA MEREK DALAM PERKARA NOMOR 13/MEREK/2010/PN.JKT.PST DI PENGADILAN NIAGA JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hak kekayaan intelektual terbagi dalam dua kategori yaitu: hak cipta (copy right) dan hak kekayaan industri. Hak kekayaan industri meliputi hak paten, hak merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang dan varietas tanaman. Dalam dunia usaha, para pelaku usaha menggunakan merek sebagai pembeda dengan produk barang dan/atau jasa lain untuk melambangkan reputasi dan menempatkannya dalam pasar. Pelanggaran di bidang merek umumnya adalah pemakaian merek terkenal tanpa izin atau peniruan terhadap merek terkenal dengan tujuan untuk memudahkan pemasaran. Penyelesaian sengketa merek dilakukan di Pengadilan Niaga dan proses pelaksanaan putusan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1. Apa saja pertimbangan Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dalam memutus sengketa Nomor 13/MEREK/2010/PN.JKT.PST 2. Bagaimana proses pembatalan atas merek terdaftar berdasarkan putusan perkara dengan gugatan No.13/MEREK/2010/ PN.JKT.PST oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, pihak yang diwawancari adalah Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dan Kepala Seksi Litigasi dan Pertimbangan Hukum, Subdit Pelayanan Hukum, Direktorat Merek, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, studi dokumen Putusan Pengadilan Niaga No. No.13/MEREK/2010/ PN.JKT.PST dan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa dalam menjatuhkan putusan, Hakim memiliki beberapa pertimbangan, yaitu : persamaan pada pokoknya, merek terkenal dan itikad tidak baik. Proses pembatalan atas merek terdaftar dilakukan sepenuhnya oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:13
Last Modified: 14 Aug 2016 09:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14397

Actions (login required)

View Item View Item