PENENTUAN LETAK DAN KAPASITAS KAPASITOR BANK SECARA OPTIMAL PADA JARINGAN 20 KV (STUDI KASUS PADA FEEDER MUTIARA AGAM DI PLN RAYON TABING, WILAYAH SUMATERA BARAT)

Ihsan, Fikri Hidayat (2015) PENENTUAN LETAK DAN KAPASITAS KAPASITOR BANK SECARA OPTIMAL PADA JARINGAN 20 KV (STUDI KASUS PADA FEEDER MUTIARA AGAM DI PLN RAYON TABING, WILAYAH SUMATERA BARAT). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tugas Akhir)
201508051142th_penentuan letak dan kapasitas kapasitor bank secara optimal pada jaringan 20 kv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada konsumsi masyarakat akan energi listrik, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Untuk itu perusahaan utilitas listrik di Indonesia (dalam hal ini PLN) diharapkan dapat memenuhi permintaan tersebut dengan meningkatkan kualitas pelayanan listrik. Adapun beberapa parameter penting yang harus diperhatikan guna menjaga kualitas daya diantaranya adalah faktor daya, tegangan pelayanan, dan rugi-rugi jaringan.Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan penggunaan kapasitor bank. Pada tulisan ini, penulis akan membahas mengenai penggunaan kapasitor bank secara optimal, dimana dalam hal ini akan dibahas mengenai penentuan lokasi, dan ukuran kapasitor bank. Pembahasan akan mengkaji lebih lanjut mengenai kajian kelayakan teknis dalam pemasangan kapasitor bank pada jaringan distribusi 20 kV. Adapun untuk mengetahui secara pasti efektivitas penggunaan kapasitor tersebut dibutuhkan suatu simulator yang mampu mengenal konfigurasi jaringan secara real. Untuk itu pada tulisan ini, penulis akan menggunakan perangkat lunak ETAP (Electric Transient Analysis Program) dalam melakukan simulasi.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan kapasitor bank di jaringan tegangan menengah mampu meningkatkan level tegangan pada ujung-ujung jaringan hingga mencapai range standar PLN yaitu pada -10% dan +5% dari tegangan nominal. Selain itu, diperoleh juga penurunan rugi-rugi daya listrik pada jaringan tersebut. Dengan perbaikan tegangan dan rugi-rugi pada jaringan tersebut, juga berdampak pada perbaikan faktor daya hingga mencapai 94 %. Sedangkan pada analisa kelayakan teknis, diperoleh bahwa metode aliran daya reaktif (skenario 1) merupakan metode yang tepat dalam menentukan letak dan kapasitas kapasitor bank yang optimal dibandingkan dengan metode jarak karena dapat memperbaiki tegangan pada jaringan, yaitu sebesar 18.334 kV dan rugi-rugi jaringan yang terkecil, yaitu sebesar 0.21 MW. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemasangan kapasitor bank di feeder Mutiara Agam dapat memperbaiki kualitas energi listrik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 06 Aug 2016 08:28
Last Modified: 06 Aug 2016 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item