KAJIAN DEFORMASI, STABILITAS DINAMIS DAN UMUR RENCANA DARI CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC–WC) MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60-70 AKIBAT VARIASI TEMPERATUR PENCAMPURAN

YURISTIAN, YURISTIAN (2014) KAJIAN DEFORMASI, STABILITAS DINAMIS DAN UMUR RENCANA DARI CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC–WC) MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60-70 AKIBAT VARIASI TEMPERATUR PENCAMPURAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS FULLTEXT)
CRV0100.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aspal merupakan bahan termoplastik yang konsistensinya akan berubah sejalan dengan perubahan temperatur, ketika dipanaskan aspal akan mencair dan akan menyelimuti partikel agregat ketika produksi campuran aspal panas dsan ketika dingin aspal mengeras dan bersatu dengan partikel secara bersama-sama. Pengaturan temperatur pada pelaksanaan konstruksi yaitu pada saat pencampuran sangat penting, viskositas aspal yang ideal untuk pencampuran yaitu 170 ± 20 centistokes.dimana kenyataan dilapangan sering ditemukan, Pemanasan diketel aspal tidak terkontrol dan dapat terjadinya kelebihan atau kekurangan dari temperatur yang disyaratkan pada saat pemanasan aspal. Dikarenakan adanya kemungkinan pemanasan aspal yang bervariasi, dirasa perlu untuk diteliti bagaimana kinerja campuran beraspal tersebut apabila pemanasan aspal dilakukan melebihi dan kurang dari ketentuan yang disyaratkan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pengujian BBPJN II Padang. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian Deformasi dan Stabilitas Dinamis Menggunakan alat Wheel Tracking Machine (WTM). Penelitian ini dilakukan menggunakan material Hot Bin dan Job Mix Formula (JMF) yang digunakan adalah JMF yang digunakan pada salah satu paket pekerjaan, Satker Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Barat 2013. Dari hasil pengujian terhadap nilai Stabilitas Dinamis adalah terjadi pengurangan umur rencana akibat variasi temperatur pencampuran aspal pen 60- 70 kelebihan temperatur 10°C dari temperatur pencampuran ideal terjadi pengurangan Umur Rencana sekitar 6.4%, untuk kelebihan temperatur 20°C terjadi pengurangan Umur Rencana sekitar 10.92%, dan kelebihan temperatur 30°C terjadi pengurangan Umur Rencana sekitar 13.97%. Dan sebaliknya Jika temperatur pencampuran kurang dari 10°C dari temperatur pencampuran ideal terjadi pengurangan Umur Rencana 3.72% dan jika temperature kurang sebesar temperatur 20°C terjadi pengurangan Umur Rencana 10.04 %. Kata kunci : Viscositas, Deformasi, Stabilitas Dinamis, Umur Rencana jalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 06 Aug 2016 03:48
Last Modified: 06 Aug 2016 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item