KAJIAN PENGELOLAAN KEGIATAN SIMPAN PINJAM PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A)ANDURING DI KELURAHAN ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

ARYA, CHANDRA GUSNANTO (2014) KAJIAN PENGELOLAAN KEGIATAN SIMPAN PINJAM PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A)ANDURING DI KELURAHAN ANDURING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411131532th_skripsi upload 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil LKM-A Anduring, dan menganalisis pengelolaan kegiatan simpan pinjam pada LKM-A Anduring. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2014 di Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. yang diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan menggunakan panduan wawancara yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa LKM-A Anduring terbentuk dari hasil transformasi unit usaha simpan pinjam dengan adanya bantuan dana program PUAP yang disalurkan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Modal LKM-A Anduring bersumber dari simpanan pokok khusus, simpanan pokok, simpanan wajib, Hibah, dana cadangan, dana sosial dan modal PUAP. Usaha produktif yang dikembangkan oleh anggota LKM-A Anduring pada umumnya adalah Tanaman Padi Sawah dan berjualan. Pengelolaan kegiatan simpan pinjam oleh Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Anduring, Kecamatan Kuranji, sudah dilaksanakan sesuai dengan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) 2010. Pada tahap pengelolaan simpanan, dana yang diperoleh dari masing-masing anggota digunakan sebagai tambahan modal kelompok yang nantinya akan disalurkan kembali kepada anggota. Tahap pengelolaan pinjaman, masing-masing anggota menggunakan pinjaman yang diperoleh sebagai tambahan modal dalam menjalankan usahanya. Semua anggota telah mematuhi aturan yang diberlakukan oleh LKM-A yang telah dibuat atas kesepakatan bersama. Pemanfaatan dana digunakan untuk kegiatan simpan pinjam dan kegiatan Usaha Ekonomi Prodiktif (UEP). Saran dari penelitian adalah agar LKM-A dapat mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai, dan bekerja sesuai panduan. Penyuluh pertanian dan PMT sebagai pendamping Gapoktan dalam mengelola dana BLM-PUAP agar dapat mendampingi gapoktan yang belum berhasil dalam mengelola keuangan secara lebih intensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 06 Aug 2016 03:54
Last Modified: 06 Aug 2016 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item