Sistem Lokasi Petir dengan Metode Magnetic Direction Finding Berbasis Web Menggunakan Tiga Buah Sensor dan Aplikasi Client-Server

FAIDIL, IHSAN (2014) Sistem Lokasi Petir dengan Metode Magnetic Direction Finding Berbasis Web Menggunakan Tiga Buah Sensor dan Aplikasi Client-Server. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
05082016 faidil ihsan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Petir merupakan fenomena alam yang secara khusus dapat dikaji. Pengkajian tentang petir membutuhkan cakupan tidak hanya di satu tempat saja. Karenanya dibutuhkan sistem client-server agar masalah jarak dan waktu dapat diatasi. Aplikasi yang digunakan untuk perancangan tersebut yaitu Visual Basic.NET. Penggunaan lebih dari dua stasiun sensor akan menghasilkan output yang lebih efektif. Data yang dihasilkan oleh stasiun sensor mengandung informasi arah yang didapatkan dengan metode Magnetic Direction Finding. Data tersebut kemudian diproses dengan triangulasi sehingga menghasilkan informasi lokasi kejadian petir. Data arah yang dihasilkan kemudian dikumpulkan dan di proses sehingga menghasilkan suatu lokasi kejadian petir, lokasi tersebut akan divisualisasikan pada website yang terdapat Google Maps didalamnya. Perancangan web menggunakan database MySQL, HTML, PHP, dan Google Maps API. Berdasarkan hasil pengolahan data di Kota Padang, lokasi petir lebih banyak terjadi di wilayah daratan dibandingkan di wilayah laut.Web Server berjalan secara real time sehingga memudahkan memantau titik lokasi petir. Kata kunci : client server, magnetic direction finding, arah lokasi petir, triangulasi, dan google maps.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 06 Aug 2016 02:52
Last Modified: 06 Aug 2016 02:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item