ANALISIS PREFERENSI PEDAGANG PASAR AUR KUNING TERHADAP BANK SYARIAH DI KOTA BUKITTINGGI

ASMINELWATI, ASMINELWATI (2014) ANALISIS PREFERENSI PEDAGANG PASAR AUR KUNING TERHADAP BANK SYARIAH DI KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (full text)
ASMINELWATI. ANALISIS PREFERENSI PEDAGANG PASAR AUR KUNING TERHADAP BANK SYARIAH DI KOTA BUKITTINGGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perbankan merupakan salah satu sektor yang berperan aktif dalam menunjang kegiatan perekonomian suatu negara. Fungsi utama Perbankan adalah sebagai lembaga intermediasi antara pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memiliki kelebihan dana. Dengan demikian, pelaku ekonomi yang membutuhkan dana untuk menunjang kegiatannya dapat terpenuhi dan kemudian roda perekonomian dapat bergerak. Perbankan di Indonesia dijalankan dalam dua sistem yang berbeda, yaitu perbankan yang beroperasi secara konvensional dan perbankan yang beroperasi dengan sistim Syariah. Perbankan yang beroperasi secara konvensional telah lama dikenal oleh masyarakat, sedangkan perbankan yang berlandaskan Syariah masih tergolong baru keberadaannya di tengah masyarakat, dan hingga saat ini pun belum semua masyarakat mengenal perbankan yang berbasis Syariah. Perbankan Syariah baru dimulai dengan berdirinya Bank Muamalat sebagai bank Syariah pertama di Indonesia pada tahun 1991. Pada saat pendirian Bank Muamalat, landasan hukum yang dipakai masih bersandar pada Undang-undang No. 10 Tahun 1998 Perubahan Atas Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Ini artinya status hukum perbankan Syariah belum terlalu spesifik mengatur tentang sistim Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 06 Aug 2016 02:35
Last Modified: 06 Aug 2016 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item View Item