FORMULASI BAKTERI ENDOFIT INDIGENUS ISOLAT ST1E1.1 UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT PUSTUL BAKTERI (Xanthomonas axonopodis pv. glycines) PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.)

IMELDA, IMELDA (2013) FORMULASI BAKTERI ENDOFIT INDIGENUS ISOLAT ST1E1.1 UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT PUSTUL BAKTERI (Xanthomonas axonopodis pv. glycines) PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0075.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bakteri endofit (ST1E1.1) dilaporkan efektif untuk pengendalian penyakit pustul bakteri (Xanthomonas axonopodis pv. glicynes), sehingga perlu diformulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jenis bahan pembawa formulasi bakteri endofit dan lama penyimpanan efektif dalam menekan perkembangan penyakit pustul bakteri, serta menyelamatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Lengkap 16 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah 3 jenis bahan pembawa formulasi bakteri endofit (tanah gambut, air kelapa + minyak sawit, tepung tapioka) dengan lama penyimpanan berbeda (0,1, 3, 5 dan 7 minggu). Parameter yang diamati adalah perkembangan penyakit pustul bakteri (masa inkubasi, persentase daun terserang, intensitas daun terserang, persentase daun terserang, intensitas polong terserang) serta pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Hasil penelitian diperoleh bahan pembawa formula bakteri endofit tanah gambut dan air kelapa + minyak sawit lebih efektif menekan perkembangan penyakit pustul bakteri dengan efektivitas (44-60%), dibandingkan dengan bahan pembawa tepung tapioka(< 44%). Bahan pembawa formula bakteri endofit tanah gambut yang disimpan 1 minggu lebih efektif menekan perkembangan penyakit pustul bakteri (60,51%). Bahan pembawa formula bakteri endofit air kelapa + minyak sawit yang disimpan 1 minggu lebih efektif menyelamatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (35,63%). Kata kunci : Formulasi, Glycine max L., Xanthomonas axonopodis pv. glycines

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 06 Aug 2016 02:21
Last Modified: 06 Aug 2016 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item