STUDI EVALUASI KURIKULUM TEKNIK SIPIL DALAM MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI INSINYUR ASEAN

SHAIFUD, DAULAH ALHAMDANI (2015) STUDI EVALUASI KURIKULUM TEKNIK SIPIL DALAM MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI INSINYUR ASEAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi)
201507271503th_shaifud daulah a 1010922004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai berlaku 31 Desember 2015 mendatang, sektor industri konstruksi Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah. Satu di antaranya adalah membenahi kompetensi, keahlian dan kelaikan pekerja konstruksi, agar diakui dan dapat berpraktik di seluruh negara MEA. Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan kurikulum pendidikan teknik sipil di perguruan tinggi dalam memenuhi kompetensi insinyur yang mampu bersaing dalam dunia konstruksi ASEAN. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum teknik sipil Indonesia telah mampu memenuhi kompetensi insinyur ASEAN. Kekurangan dari kurikulum sekarang adalah belum mampu menghubungkan teori yang dipelajari dalam perkuliahan dengan kondisi nyata di lapangan dan belum mampu mewujudkan pemahaman yang terintegrasi antar mata kuliah yang ada dalam aplikasinya di lapangan. Kata Kunci : Kompetensi, Kurikulum, Insinyur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:24
Last Modified: 05 Aug 2016 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item