ADLINA, SAFITRI HELMI (2015) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Tugas Akhir)
201504301049th_adlina safitri helmi 1010931003.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
Abstract
Globalisasi menuntut tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Hal ini menjadi acuan bagi perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan mutu institusinya agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sehingga mampu memenuhi permintaan konsumen. Peningkatan kualitas di perguruan tinggi dibuktikan dengan pencapaian akreditasi yang baik sehingga menciptakan kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik. Pemenuhan kepuasan mahasiswa menciptakan mahasiswa yang memiliki loyalitas kepada perguruan tingginya. Berdasarkan hasil survei awal terhadap pelayanan di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang diketahui bahwa masih terdapat beberapa keluhan mahasiswa atas pelayanan akademik dan fasilitas penunjang. Keluhan tersebut mengindikasikan bahwa kualitas layanan akademik dikedua jurusan tersebut belum mampu memenuhi ekspektasi mahasiswa sebagai pelanggan yang mengharapkan standar pelayanan pendidikan yang terbaik sehingga menimbulkan kurangnya loyalitas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelayanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri. Data diperoleh dengan penyebaran kuisioner untuk 400 sampel yang telah ditentukan menggunakan stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan akademik di Jurusan Teknik Mesin adalah dimensi pelayanan non akademik. Dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan akademik di Jurusan Teknik Industri adalah dimensi pelayanan administrasi. Kepuasan mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin perlu ditingkatkan mengingat Jurusan Teknik Mesin sudah terakreditasi A sejak tahun 2006. Kepuasan mahasiswa di Jurusan Teknik Industri juga perlu mendapat perhatian khusus demi memenuhi kepuasan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Jurusan Teknik Industri sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam peningkatan akreditasi Jurusan Teknik Industri. Loyalitas mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri dapat ditingkatkan dengan cara peningkatan kepuasan mahasiswa karena tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kata kunci: kualitas pelayanan, pendidikan tinggi kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswa, SEM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Mr Roni Purnama |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 08:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 08:04 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14201 |
Actions (login required)
View Item |