PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PESAN FILM LASKAR PELANGI (Studi Deskriptif Guru SD di SDN 18 Kampuang Lapai Padang)

Heru, Ashari (2015) PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PESAN FILM LASKAR PELANGI (Studi Deskriptif Guru SD di SDN 18 Kampuang Lapai Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi)
201504282159th_skripsi heru ashari1010863020 copy 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Film merupakan sebuah komunikasi massa, yang dapat menyampaikan pesan melalui audiovisual. Film dapat menimbulkan persepsi yang berbeda terhadap penonton dan memberikan pengaruh terhapad penonton, seperti merubah sikap dan melakukan sesuatu. Film Laskar Pelangi adalah film berlatar belakang pendidikan. Film ini bercerita dengan menyampaikan pesan yang utuh mengenai sosok seorang guru yang menginspirasi dan anak-anak yang berani bermimpi. Penelitian ini ditujukan menjabarkan persepsi guru Sekolah Dasar terhadap pesan film Laskar Pelangi. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa Focus Group Discussion (FGD), observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan analisa mengacu kepada konsep pesan yaitu unsur pesan dan menggunakan teori pengartian secara semantik yang dikemukakan oleh Osgood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru SD terhadap pesan film Laskar Pelangi adalah film yang menyampaikan pesan mengenai dunia pendidikan secara sangat kental terhadap penonton, dan film yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi guru-guru di Indonesia khususnya guru-guru SD. Persepsi guru SD terhadap pesan film Laskar Pelangi yang ditemukan terbagi berdasarkan pengetahuan, pengalaman dan sikap subjek penelitian. Kata Kunci : Film, Guru SD, Persepsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:37
Last Modified: 05 Aug 2016 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item