MANFAAT KEBERADAAN PEMBANGUNAN TEMPAT REKREASI TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR (Studi Kasus: Masyarakat Sekitar Pembangunan Tempat Rekreasi Kolam Renang ABG (Air Dingin Batu Gadang), Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang)

RUSTI, AMELIA (2014) MANFAAT KEBERADAAN PEMBANGUNAN TEMPAT REKREASI TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR (Studi Kasus: Masyarakat Sekitar Pembangunan Tempat Rekreasi Kolam Renang ABG (Air Dingin Batu Gadang), Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
04082016 rusti amelia a.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu proses perubahan yang direncanakan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang melibatkan seluruh pelaku pembangunan. Pembangunan yang dilakukan adalah pembangunan sektor pariwisata. Pembangunan sektor pariwisata yang diupayakan mampu memberikan manfaat terhadap perkembangan ekonomi masyarakat suatu daerah. Karena dengan keberadaan pembangunan sektor pariwisata yang diupayakan, akan memunculkan lapangan pekerjaan baru dan juga dapat bermanfaat terhadap mata pencaharian, sehingga tumbuhnya berbagai lapangan usaha baru bagi masyarakat sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sejarah pembangunan Tempat Rekreasi Kolam Renang ABG dan bagaimana pandangan masyarakat sekitar terhadap pembangunan tempat rekreasi serta manfaat apa saja yang dirasakan setelah adanya Pembangunan Tempat Rekreasi Kolam Renang ABG. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi dalam penulisan. Teknik pengumpulan data lebih ditekankan pada metode obsevasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Penarikkan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive Sampling yaitu menentukan informan dengan memilih informan berdasarkan anggapan dan pengetahuan peneliti, bahwa informan yang digunakan dalam penelitian berdasarkan kriteria kebutuhan data seperti masyarakat sekitar yang merasakan langsung manfaat dari pembangunan tempat rekreasi. Pembangunan Tempat Rekreasi Kolam Renang ABG di Kelurahan Balai Gadang, merupakan suatu perubahan besar yang bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Selain itu, keberadaan pembangunan tempat rekreasi “Kolam Renang ABG” secara langsung maupun tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan dan membuka lapangan usaha baru bagi masyarakat sekitarnya. Pembangunan tempat rekreasi yang dilaksanakan juga dapat memperkenalkan daerah ke dunia luar. Sehingga dengan hadirnya tempat rekreasi Kolam Renang ABG, lebih meningkatkan daya kunjungan dan daya tarik masyarakat luar untuk datang ke daerah Air Dingin Batu gadang di Kelurahan Balai Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:12
Last Modified: 04 Aug 2016 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item