ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Usaha Tani Terpadu Keluarga Sakinah Di Kelurahan Olo Kecamatan Nanggalo Padang)

RESKI, SUKARTA (2013) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Usaha Tani Terpadu Keluarga Sakinah Di Kelurahan Olo Kecamatan Nanggalo Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0056.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung keuntungan usaha dan menganalisis tingkat profitabilitas usaha peternakan sapi potong dengan metoda studi kasus pada “Usaha Kelompok Tani Keluarga Sakinah. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil melalui wawancara dengan responden kunci ketua kelompok usaha tani sakinah. Variable yang diukur adalah biayabiaya produksi, termasuk biaya tetap dan biaya variable serta penerimaan. Data dianalisis secara kuantitatif. Adapun unsur-unsur profitabilitas yang dianalisis adalah angka BEP baik BEP unit maupun BEP rupiah, R/C dan ROI yang dijadikan standar penelitian apakah usaha ini untung atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka BEP usaha kelompok tani sakinah sebesar 25 ST atau pada penerimaan sebesar Rp 226.466.928,-. Pendapatan bersih sebesar Rp 47.864.078,- angka ini menggambarkan tingkat laba yang tinggi yaitu sebesar 1,08, sedangkan untuk ROI sebesar 8,33%, tingginya laba yang diperoleh perperiode pemeliharaan merupakan gambaran cara pemeliharaan yang baik. Kata Kunci : Analisis, Profitabilitas, penggemukan, sapi potong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:44
Last Modified: 04 Aug 2016 09:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item