Pembangunan Aplikasi Geographic Information System (GIS) Rumah Kos di Kelurahan Jati Padang, Provinsi Sumatera Barat

Rian, Ade Hidayat (2015) Pembangunan Aplikasi Geographic Information System (GIS) Rumah Kos di Kelurahan Jati Padang, Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201505071355th_laporan fix gabung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kota Padang khususnya Kelurahan Jati adalah salah satu wilayah yang menyediakan tempat kosan yang banyak bagi mahasiswa dan umum. Namun, tidak semua mahasiswa mengetahui informasi mengenai tempat kosan yang ada di Kelurahan Jati. Hal ini dikarenakan kurangnya sarana untuk mempromosikan tempat kosan yang ada di Kelurahan Jati. Aplikasi yang dibangun ini merupakan aplikasi GIS kosan di Keluran Jati, Padang Provinsi Sumatera Barat. Proses pembangunan aplikasi ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari studi literatur mengenai aplikasi GIS kosan, kemudian tahap perencanaan yang dilakukan dengan studi kelompok sehubungan dengan aplikasi yang dibuat, setelah itu pengumpulan data spasial dan data atribut di Kelurahan Jati, Padang Provinsi Sumatera Barat. Setelah itu tahapan analisis dan rancangan sistem yaitu perancangan kebutuhan fungsional, use case, context diagram dan DFD. Dari rancangan tersebut selanjutnya dilakukan pemrograman serta pembuatan basis data dengan PostgreSQL dan layanan PostGIS untuk melakukan operasi spasial. Selain PostGIS, operasi spasial juga dibantu oleh layanan Google Maps. Tahap berikutnya pengujian aplikasi menggunakan black box test dan data kosan di Kelurahan Jati, Padang Provinsi Sumatra Barat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:34
Last Modified: 04 Aug 2016 09:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item