KETERKAITAN ANTARA BAURAN PEMASARAN JASA DENGAN KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI

Zulfa, zulfa (2014) KETERKAITAN ANTARA BAURAN PEMASARAN JASA DENGAN KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504291415th_zulfa 1021219014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di bawah bimbingan Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM dan dr. Abdi Setia Putra, MARS Jumlah Pasien rawat jalan di RSI Ibnu Sina Bukitinggi tahun 2012 menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama jumlah pasien lama, hal ini menggambarkan semakin menurunnya loyalitas pasien yang berobat di poliklinik, sedangkan bauran pemasaran jasa merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan kepuasan akan berdampak kepada loyalitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterkaitan antara bauran pemasaran jasa yang terdiri dari, Product, Price, Place, Promotion, Physical evidence, People, Process dengan kepuasan pasien dan dampaknya terhadap loyalitas pasien rawat jalan. Metode penelitian yang digunakan termasuk kategori observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara non probability sampling dengan teknik convenient sampling dengan menggunakan metode estimasi proporsi diperoleh sampel sebanyak 386 orang pasien rawat jalan. Analisis data menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan program Smart Partial Least Square (Smart PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; product berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, price tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, place tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, promotion tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, physical evidence berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, people berpegaruh positif terhadap kepuasan pasien, process berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; Terdapat keterkaitan antara product, physical evidence, people dan process dengan kepuasan pasien, tidak terdapat keterkaitan antara price, place dan promotion, terdapat keterkaitan antara kepuasan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:02
Last Modified: 04 Aug 2016 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item