PENGARUH KONSENTRASI NAOH PADA PROSES ALKALISASI TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLYPROPILEN SERAT PANDAN SAMAK (PANDANUS ODORASSITISMUS)(Studi Kasus Konsentrasi NaOH Untreated, 2.5%, dan 5%)

Nasrul, Fuadi (2014) PENGARUH KONSENTRASI NAOH PADA PROSES ALKALISASI TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLYPROPILEN SERAT PANDAN SAMAK (PANDANUS ODORASSITISMUS)(Studi Kasus Konsentrasi NaOH Untreated, 2.5%, dan 5%). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411091324th_nasrul fuadi 0810913148 - teknik mesin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)

Abstract

Pada saat ini kebutuhan akan material sangat banyak, khususnya material yang memiliki sifat mekanik yang tinggi. Logam merupakan salah satu material yang sering digunakan, namun akhir–akhir ini bahan baku logam sudah mulai berkurang. Salah satu alternatif yang digunakan untuk mengganti material logam yaitu komposit, serta sangat banyak aplikasi komposit di dalam dunia industri, hal ini dikarenakan komposit memiliki beberapa kelebihan dibandingkan logam yaitu memiliki massa jenis yang kecil serta tahan terhadap korosi. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan maka banyak dilakukan penelitian tentang penggunaan serat alam sebagai fibernya. Komposit yang dibuat terdiri dari bahan serat pandan samak sebagai fiber dan polypropilen sebagai matrik dan salah satu cara meningkatkan ikatan kedua material yaitu dengan perlakuan alkalisasi terhadap serat menggunakan larutan NaOH. Konsentrasi larutan NaOH yang digunakan adalah untreated, 2.5% dan 5% dengan waktu perendaman selama 1 jam. Komposit dibuat dengan cara mencampurkan serat dengan polypropilen secara rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang berdiameter 15 cm, selanjutnya cetakan ditekan dengan beban ±10 ton kemudian dipanaskan di dalam tungku dengan temperatur 2000C selama 20 menit. Pengujian yang dilakukan yaitu uji tarik dan uji bending. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kekuatan tarik rata-rata maksimum yaitu 10 MPa pada konsentrasi NaOH 5% dan kekuatan lentur rata-rata maksimum yaitu 119 MPa pada konsentrasi NaOH 5%. Jadi kesimpulannya adalah larutan yang paling baik digunakan untuk perlakuan alkalisasi serat pandan samak adalah NaOH 5% dan serat pandan samak layak digunakan sebagai fiber komposit. Kata kunci : Serat Pandan Samak, Polypropilen dan Alkalisasi NaOH, Compression Molding, Kekuatan Tarik, Kekuatan Bending.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 03 Aug 2016 09:49
Last Modified: 03 Aug 2016 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

View Item View Item