THE CONSTRUCTION OF MASCULINE AND FEMININE IDENTITY IN THREE OF ENID BLYTON’S NOVELS THE FAMOUS FIVE SERIES: A FEMINIST STUDY

DESY, ANDRIANI (2015) THE CONSTRUCTION OF MASCULINE AND FEMININE IDENTITY IN THREE OF ENID BLYTON’S NOVELS THE FAMOUS FIVE SERIES: A FEMINIST STUDY. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504282044th_skripsi_desy andriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan proses pembentukan identitas perempuan lewat penggambaran maskulinitas dan feminitas serta pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter dua tokoh utama perempuan dalam karya Enid Blyton Five on a Treasure Island, Five Go Down to The Sea, dan Five are Together Again. Penelitian ini menggunakan kritik sastra feminis, yaitu Patriarchal Binary Thought oleh Helen Cixous yang digunakan untuk menjelaskan identitas maskulin dan feminin yang digunakan Blyton terhadap dua karakter perempuannya. Skripsi ini juga menggunakan teori feminis dari Simon de Beauvoir yang mengungkapkan bahwa sifat feminin perempuan tidak datang secara alami ketika mereka lahir. Di dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa Blyton menciptakan identitas perempuan yang mampu bersikap maskulin sekaligus feminin. Selain itu , penulis juga menemukan stereotip perempuan dan laki-laki yang digambarkan lewat karakter orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 03 Aug 2016 09:29
Last Modified: 03 Aug 2016 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item