PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (Studi Kasus Di Polda Sumbar)

Fesbi, Shapela (2015) PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (Studi Kasus Di Polda Sumbar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201502181637th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman membuat perkembangan teknologi makin berkembang juga, contohnya adalah internet. Internet yang memberikan kemudahan dan berbagai manfaat juga memiliki dampak negatif salah satunya adalah penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik. Penghinaan dan pencemaran nama baik ini dilakukan melalui media sosial, sms, bahkan layanan blackberry messengger (BBM). Kasus-kasus ini sedang marak terjadi salah satu contohnya adalah penghinaan atau pencemaran nama baik yang menimpa Bupati Pasaman Barat Bapak Baharuddin. Dalam mengungkap kasus-kasus tersebut proses penyidikan adalah proses yang paling penting, sebab pada proses penyidikan penyidik mengumpulkan bukti-bukti untuk menemukan tersangkanya. Yang bertindak sebagai penyidik terhadap kasus tersebut adalah penyidik Reskrim Polda Sumbar. Polri melaksanakan kewenangannya melakukan penyidikan berdasarkan Pasal 7 KUHAP. Namun dalam pelaksanaan penyidikannya, penyidik Reskrim Polda Sumbar menghadapi berbagai kendala sehingga mengakibatkan proses penyidikan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang penyidikan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik (Studi Kasus Di Polda Sumbar). Untuk itu penulis mencoba mengangkat penelitian ini dengan rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimanakah proses penyidikan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik yang ditempuh Reskrim Polda Sumbar? Apa sajakah kendala yang dihadapi Reskrim Polda Sumbar dalam penyidikan terhadap tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik beserta upaya untuk mengatasi kendala tersebut? Dalam penulisan skripsi ini metode yang digunakan adalah yuridis-sosiologis, pengumpulan data primer yang dilakukan langsung ke lapangan (field research) dengan mengadakan wawancara langsung kepada Reskrimn Polda Sumbar. Data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan (library research). Adapun hasil penelitian sebagai berikut proses penyidikan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik dilakukan menurut ketentuan KUHAP, namun penyidik mengalami kendala seperti kermampuan penyidik yang terbatas, sarana dan prasarana yang masih kurang, alat bukti yang bersifat maya mudah dihilangkan, kekurangan personil dalam mengungkapkan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik dan pelaku menggunakan akun palsu/nama samaran di media sosial. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengadakan pelatihan terhadap penyidik, mengamankan alat bukti yang bersifat maya, bantuan kerjasama dengan pihak luar ataupun asing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:21
Last Modified: 03 Aug 2016 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item