PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BIBLO STYLE PAYAKUMBUH

Febrina Azani, Putri (2015) PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BIBLO STYLE PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201502172105th_skripsi febrina azani putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pergeseran pola belanja konsumen yang biasanya melakukan pembelian diritel tradisional sekarang mulai beralih ke ritel modern. Hal ini mencerminkan gaya hidup masyarakat yang semakin praktis, cepat, serta tentunya mengutamakan kenyamanan. Seiring perubahan tersebut perkembangan bisnis ritel di Indonesia semakin hari semakin ketat. Usaha ritel atau eceran (reatiling) dapat dipahami sebagai semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi bukan penggunaan bisnis. Adanya penerapan bauran penjualan eceran (retailing mix) adalah Biblio Style Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel bauran penjualan eceran (retailing mix) yaitu produk, harga, lokasi, promosi,pelayanan, dan suasana toko terhadap pembelian konsumen di Biblio Style Payakumbuh. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian di Biblio Style Payakumbuh , dengan jumlah sampel 125. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik penentuan sampel convenience sampling. Analisis dan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan secara parsial produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan lokasi, promosi, pelayanan dan suasana toko tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Biblio Style Payakumbuh. Hal ini mengindikasikan bahwa keenam variabel yang diteliti, produk dan harga merupakan faktor yang menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Biblio Style Payakumbuh. Berdasarkan hasil koefisien determinasi , diketahui bahwa bauran penjualan eceran (retailing mix) memberikan pengaruh sebesar 47,3%. SEdangkan 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Keyword : Bauran penjualan eceran, ritel, produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan, suasana toko, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 03 Aug 2016 05:59
Last Modified: 03 Aug 2016 05:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item