HUBUNGAN KETEPATAN SWITCH THERAPY ANTIBIOTIK TERHADAP CLINICAL OUTCOME PASIEN APENDISITIS DI BANGSAL BEDAH RSUP DR M DJAMIL PADANG

Lathvi, Masyithah (2015) HUBUNGAN KETEPATAN SWITCH THERAPY ANTIBIOTIK TERHADAP CLINICAL OUTCOME PASIEN APENDISITIS DI BANGSAL BEDAH RSUP DR M DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Switch therapy antibiotik merupakan penggantian terapi antibiotik intravena ke oral. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan ketepatan switch therapy yang mempertimbangkan usia, jenis kelamin, metode pembedahan dan kebiasaan merokok pasien terhadap kesembuhan luka dan lama hari rawatan pasien. Penelitian cross-sectional ini menggunakan data medical record dan pengamatan langsung pada pasien (penilaian luka secara makroskopis). Penelitian ini dianalisis dengan uji statistik anova 2 arah. Kebermaknaan akan diambil dengan tingkat kepercayaan 90% dimana signifikan dinilai dengan p < 0,1. Hasil penelitian ini ditemukan tidak terdapatnya hubungan ketepatan switch therapy dan faktor jenis kelamin, metode pembedahan dan kebiasaan merokok terhadap nilai kesembuhan luka (p> 0,1), namun switch therapy yang tepat memberikan lama rawatan yang pendek dan biaya pengobatan yang lebih rendah dibandingkan switch therapy yang tidak tepat (p< 0,1). Ini berarti bahwa switch therapy yang tepat akan memberikan clinical outcome yang lebih efisien, terutama dalam hal lama rawatan dan biaya pengobatan antibiotik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:42
Last Modified: 03 Aug 2016 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item