PERBANDINGAN DAYA HAMBAT MADU ALAMI DENGAN MADU KEMASAN SECARA IN VITRO TERHADAP Streptococcus beta hemoliticus Group A sebagai PENYEBAB FARINGITIS

ELSI, WINERI (2014) PERBANDINGAN DAYA HAMBAT MADU ALAMI DENGAN MADU KEMASAN SECARA IN VITRO TERHADAP Streptococcus beta hemoliticus Group A sebagai PENYEBAB FARINGITIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Madu merupakan substansi alam yang dihasilkan oleh lebah yang diketahui memiliki manfaat, salah satunya untuk mengobati faringitis. Salah satu penyebab dari faringitis adalah Streptococcus beta hemoliticus Group A dan telah diketahui efek antibakteri dari madu dapat menghambat pertumbuhan dari Streptococcus beta hemoliticus Group A. Berdasarkan cara pembuatannya madu terdiri dari madu alami dan madu kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya hambat madu alami dengan madu kemasan secara in vitro terhadap Stretococcus beta hemoliticus Group A sebagai penyebab faringitis. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2013 di laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jenis penelitian berupa penelitian eksperimental dengan rancangan posttest only control group design. Hasil penelitian menunjukan madu alami dan madu kemasan dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus beta hemoliticus Group A dengan diameter daya hambat terbesar pada madu alami adalah 14 mm dan madu kemasan 11 mm. Berdasarkan uji analisis Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan post-hoc Mann-Whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara daya hambat antara madu alami dengan madu kemasan dengan p=0,004 (p<0,05). Kesimpulan hasil penelitian adalah madu alami dan madu kemasan memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan Streptococcus beta hemoliticus Group A dan madu alami memiliki daya hambat yang lebih kuat terhadap pertumbuhan Streptococcus beta hemoliticus Group A dibandingkan madu kemasan. Kata kunci : madu alami, madu kemasan, Streptococcus beta hemoliticus Group A, antibakteri, faringitis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 Aug 2016 10:01
Last Modified: 02 Aug 2016 10:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item