PERBEDAAN BERAT LAHIR BAYI PASIEN PREEKLAMPSIA BERAT/ EKLAMPSIA EARLY ONSET DAN LATE ONSET DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG

RIZKA, AMELIA (2013) PERBEDAAN BERAT LAHIR BAYI PASIEN PREEKLAMPSIA BERAT/ EKLAMPSIA EARLY ONSET DAN LATE ONSET DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Preeklampsia dan eklampsia adalah dua penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas tinggi. Tidak hanya bagi ibu, dampak buruk penyakit ini juga terjadi pada janin yang dikandungnya, salah satunya berupa hambatan pertumbuhan janin intrauterin yang dapat dilihat dari berat lahir bayi tersebut. Kejadian ini umumnya terjadi pada kasus preeklampsia berat dan eklampsia, terutama yang early onset. Ibu dengan preeklampsia berat/ eklampsia early onset cenderung melahirkan bayi dengan berat lahir kecil untuk masa kehamilan (KMK), sementara yang late onset cenderung melahirkan bayi dengan berat lahir sesuai untuk masa kehamilan (SMK) atau bahkan besar untuk masa kehamilan (BMK). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2012 sampai Juli 2013 di bagian Rekam Medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan berat lahir bayi pasien preeklampsia berat/ eklampsia early dan late onset. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kejadian preeklampsia berat/ eklampsia early onset adalah 26,1% dan yang late onset sebanyak 73,9%. Bayi KMK lebih banyak dilahirkan oleh ibu preeklampsia berat/ eklampsia early onset (16,67%) dibandingkan dengan yang late onset (7,35%). Setelah dilakukan analisis melalui uji chi square, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan berat lahir bayi antara pasien preeklampsia berat/eklampsia early dan late onset secara signifikan (p>0,05). Kata kunci : preeklampsia berat/ eklampsia early onset, preeklampsia berat/ eklampsia late onset, berat lahir bayi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:51
Last Modified: 02 Aug 2016 09:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item