HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG SEKSUALITAS DENGAN SELF EFFICACY MAHASISWA UNTUK MENGHINDARI PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

KHAIRAT, AMINI ZULKA (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG SEKSUALITAS DENGAN SELF EFFICACY MAHASISWA UNTUK MENGHINDARI PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201507301605th_khairat_amini_zulka_1110321012.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kasus dari tahun-ketahun menunjukkan peningkatan kejadian perilaku seksual pranikah dikalangan remaja. Beberapa hasil penelitian menunjukkan rendahnya pengetahuan tentang seksualitas dan self efficacy untuk untuk menghindari perilaku seksual pada remaja. Menurut teori perilaku dilatar belakangi oleh pengetahuan dan dikontrol oleh self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan tentang seksualitas dengan self efficacy mahasiswa untuk menghindari perilaku seksual pranikah di Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bersifat korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yaitu sebanyak 392 mahasiswa berusia 18-24 tahun dan memiliki pacar yang tersebar di 15 fakultas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan tentang seksualitas dari Ginoni (2012) danself efficacy dari Muflih (2014)yangsudah dimodifikasi. Hasil penelitian menggunakan analisis uji statistik korelasi rank spearman. Hasil uji statistik didapatkan pengetahuaan sebagian besar dalam kategori sedang (70,4%) dan self efficacy sebagian besar rendah (56,6%) dengan nilai signifikansi <0,05 dan koefisien korelasi 0,480 (korelasi sedang). Hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan dengan arah korelasi positif, artinya semakin baik pengetahuan tentang seksualitas maka akan semakin tinggi self efficacy untuk menghindari perilaku seksual pranikah. Perlu adanya pendidikan seksualitas dalam kurikulum perkuliahan agar mahasiswa mendapatkan informasi dari sumber yang benar untuk meningkatkan self efficacy menghindari perilaku seksual pranikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:43
Last Modified: 02 Aug 2016 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13916

Actions (login required)

View Item View Item