IMPLIKATUR DALAM IKLAN DJARUM 76 VERSI SERIAL JIN

SURYA, SELFIKA (2015) IMPLIKATUR DALAM IKLAN DJARUM 76 VERSI SERIAL JIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201507281240th_skripsi surya selfika 1010722002 sastra indonesia fib una.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan implikatur dalam iklan Djarum 76 versi “Serial Jin” dan menjelaskan faktor yang melatarbelakangi timbulnya implikatur tersebut. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik penelitian yang dikemukakan oleh Sudaryanto (1993), yang terbagi atas tiga tahap yaitu: tahap penyedian data, tahap analisis data, dan tahap penyajian analisis data. Dalam penyedian data, digunakan metode simak dengan teknik dasarnya teknik sadap dan teknik lanjutannya. Dalam analisis data, digunakan metode padan referensial dan padan pragmatis dengan teknik dasarnya teknik pilah unsur penentu. Adapun penyajian analisis data menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan analisis data, beberapa implikatur dalam setiap iklan Djarum 76 versi “Serial Jin” yaitu : iklan (1) dengan implikatur (a) keinginan untuk selalu bersama, (b) orang dalam situasi kebingungan dan kelelahan, (c) situasi yang membutuhkan pertolongan, iklan (2) dengan implikatur (a) refleksi sosial dalam berbicara, bahwa tidak semua lawan tutur mengerti dengan bahasa pragmatis, (b) sebuah keinginan tidak akan terwujud tanpa proses dan usaha, (c) jangan mempercayakan suatu harapan kepada dukun, iklan (3) dengan implikatur (a) kritik sosial tentang prilaku manusia yang serakah dan materialistis, (b) kritik sosial untuk masyarakat yang menjadikan kekayaan sebagai dasar dalam menjalin hubungan seperti dalam pernikahan, iklan (4) dengan implikatur (a) kolusi, iklan (5) dengan implikatur (a) pesan moral bahwa tidak semua keinginan manusia dapat terkabul (b) pesan moral bahwa manusia seharusnya selalu bersukur terhadap apa yang telah diperolehnya, iklan (6) dengan implikatur (a) kritik sosial untuk masalah kasus korupsi di Indonesia yang tidak dapat dihilangkan, (b) kritik sosial untuk lembaga-lembaga hukum yang melakukan korupsi, iklan (7) dengan implikatur (a) kritik sosial tentang kasus korupsi di Indonesia yang diibaratkan telah menjadi tanda pengenal Negara, iklan (8) dengan implikatur (a) kritik sosial untuk beberapa anggota dewan legislatif di Indonesia yang tidak pernah puas dengan jabatan, (b) kritik sosial untuk beberapa dewan legislatif di Indonesia yang selalu menginginkan jabatan tapi lalai dalam tugasnya, iklan (9) dengan implikatur (a) tidak ada pemimpin yang jujur, iklan (10) dengan implikatur (a) kritik sosial tentang prilaku beberapa masyarakat yang selalu ingin tampil dan dikenal oleh masyarakat banyak dan, iklan (11) dengan implikatur (a) pesan moral bahwa tidak ada pendamping yang sempurna. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya implikatur dalam iklan Djarum 76 versi “Serial Jin” adalah (1) latar, (2) peserta, (3) hasil (4) amanat, (5) cara, dan (6) sarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:10
Last Modified: 02 Aug 2016 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item