PENGARUH PENAMBAHAN PUPUK NITROGEN PADA PENANAMAN RUMPUT GAJAH CV. TAIWAN YANG DICAMPUR DENGAN LEGUM INDIGOFERA PADA TANAH ULTISOL TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN SECARA IN-VITRO

RIZKA, FAYUN ZIRA (2016) PENGARUH PENAMBAHAN PUPUK NITROGEN PADA PENANAMAN RUMPUT GAJAH CV. TAIWAN YANG DICAMPUR DENGAN LEGUM INDIGOFERA PADA TANAH ULTISOL TERHADAP KARAKTERISTIK CAIRAN RUMEN SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi Rizka Fayunzira upload fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemberian pupuk N yang optimal pada penanaman rumput gajah yang dicampur legum indigofera yang dicerminkan dengan tingginya tingkat fermentabilitas rumput gajah cv. Taiwan dan legum Indigofera zollingeriana. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2015 sampai dengan januari 2016 di UPT Fakultas Perternakan Unand dan Laboratorium Ruminansia Fakultas Perternakan Universitas Andalas. Metode penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) masing-masing dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok, yaitu: A = 0% pupuk N, B = 25% pupuk N, C = 50% pupuk N dan D =75% pupuk N yang menjadi kelompo adalah cairan rumen. Peubah yang diamati adalah pH, VFA, NH3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis N yang berbeda sampai dosis 75% memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap pH, VFA, NH3 rumput gajah cv. Taiwan dan legume Indigofera. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada penanaman rumput Gajah cv. Taiwan yang dicampur dengan legum indigofera pada tanah ultisol tidak memerlukan tambahan pupuk nitrogen terlihat dari pH, konsentrasi VFA dan NH3 yang dihasilkan sudah cukup optimal. Kata Kunci : pupuk N, rumput Gajah cv. Taiwan, legum Indigofera zollingeriana, (pH, VFA, NH3).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:31
Last Modified: 02 Aug 2016 08:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item