PENGGUNAAN STRUCTURAL EQUATION MODEL (SEM) DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSESIBILITAS MENUJU HENTIAN ANGKUTAN UMUM

ROHITO, NAPITU (2015) PENGGUNAAN STRUCTURAL EQUATION MODEL (SEM) DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSESIBILITAS MENUJU HENTIAN ANGKUTAN UMUM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir)
201507280952th_tarohitonapitu.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Angkutan umum merupakan bagian dari system transportasi yang memegang peranan sangat penting dalam mendukung mobilitas masyarakat. Kepuasan dan kepentingan dalam penilaian terhadap kemudahan aksesibilitas pengguna angkutan umum terdiri dari beberapa indikator yang dapat dimodelkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui demografi pengguna bus Trans Padang, menilai tingkat kepuasan dan kepentingan dari beberapa indikator penilaian aksesibilitas menuju hentian bus Trans Padang dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada semua pengguna bus Trans Padang sepanjang koridor Pasar Raya – Lubuk Buaya sebanyak 300 kuesioner. Dari penelitian ini diperoleh bahwa dari 300 responden yang disurvey terdapat demografi pengguna bus Trans Padang, dari segi jenis kelamin pengguna bus Trans Padang wanita sebesar 60%, dari segi usia pengguna berusia 15 – 25 tahun sebesar 62%, dari segi pekerjaan pada umumnya pelajar sebesar 64%, dari segi alasan penggunaan bus Trans Padang dengan alasan melewati rute tujuan sebesar 49%, dan dari segi frekwensi penggunaa bus Trans Padang menggunakan bus Trans Padang setiap hari sebesar 41%. Frekwensi penggunaan bus Trans Padang terhadap jarak ke hentian setiap hari sebesar 20% responden dengan jarak antara 0–200m, alasan penggunaan angkutan umum melewati tempat tujuan sebesar 28% berjalan kaki dengan jarak 0-200m. Dari hasil Structural Equation Model diperoleh tingkat kepentingan tertinggi adanya perjalanan yang memutar menuju hentian angkutan umum dengan nilai estimate 0,316, dan dari tingkat kepuasan tertinggi perjalanan menuju hentian dengan nilai estimate 0,303.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 02 Aug 2016 06:51
Last Modified: 02 Aug 2016 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13885

Actions (login required)

View Item View Item