Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang Studi: Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang Studi: Etnis Jawa yang Telah Malakok di Nagari Sungai Langkok Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Sesi, Sesi (2016) Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang Studi: Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang Studi: Etnis Jawa yang Telah Malakok di Nagari Sungai Langkok Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK 1.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I oke.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV oke.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUST 1.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SESI, 1210813018, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang, Studi . Jumlah halaman 82 Lembar. Pembimbing I Drs. Rinaldi Ekaputra, M.Si, dan Pembimbing II Drs. Yulkardi, M.Si Malakok merupakan suatu proses bergabungnya seseorang dengan adat Minangkabau. Baik itu perantau dari ranah Minangkabau lainnya atau pun orang non Minangkabau. Tindakan malakok yang dilakukan oleh orang Minangkabau merupakan suatu tindakan yang sudah menjadi kewajiban bagi orang Minangkabau karena malakok merupakan syarat utama agar orang yang merantau tersebut mendapatkan izin untuk merantau. Namun yang terjadi di Nagari Sungai Langkok berbeda, yang mana etnis pendatang yang merupakan transmigran dari Pulau Jawa yang jumlahnya sangat banyak melebihi banyak jumlah etnis pribumi di Nagari Sungai Langkok ini juga melakukan tindakan malakok kesuku yang ada di Nagari Sungai Langkok. Mengingat bahwa etnis Jawa adalah etnis yang tidak memiliki suku maka fenomena tindakan malakok yang dilakukan oleh etnis Jawa ini terbilang sangat unik. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji Tindakan Malakok Dikalangan Etnis Pendatang dengan studi utama yaitu etnis Jawa yang telah Malakok di Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Pertanyaan Penelitian ini adalah Bagaimana Tindakan Malakok yang dilakukan oleh etnis Jawa di Nagari Sungai Langkok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindakan malakok dikalangan etnis Jawa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif denganti pedeksriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah Tindakan Sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini menemukan bahwa tindakan malakok yang dilakukan oleh etnis Jawa yaitu: Pertama, Pengetahuan etnis Jawa tentang malakok adalah, 1) Cara untuk mendapatkan Keluarga, 2) Bentuk adaptasi terhadap tempat tinggal, dan 3) Cara untuk mengurangi perbedaan. Kedua, Alasan etnis Jawa melakukan tindakan malakok adalah, 1) Mencari Keluarga yang baru, 2) Tempat malakok bukanlah sementara waktu. Ketiga, Manfaat tindakan malakok dikalangan etnis Jawa yaitu: 1) Menambah family, 2) Mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan pertikaian, 3) Mendapat dukungan ekonomi, 4) Mendapat dukungan sosial, 5) ” Nan barampek jadi limo”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:46
Last Modified: 02 Aug 2016 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item