/-Keragaman Genetik Gen Hormon Pertumbuhan (GH/TscAI)Pada Itik Sikumbang Janti Jantan Dengan Menggunakan Metoda PCR-RFLP

Mhd., Nur Abas (2016) /-Keragaman Genetik Gen Hormon Pertumbuhan (GH/TscAI)Pada Itik Sikumbang Janti Jantan Dengan Menggunakan Metoda PCR-RFLP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA mntp.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
PDF WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman gen GH-TscAI pada itik Sikumbang Janti jantan dengan menggunakan teknik PCR- (polymerase chain reaction-restriction fragment length polymorphism). Penelitian ini menggunakan sebanyak 148 sampel darah itik Sikumbang Janti jantan dipelihara di UPT Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Sampel darah itik Sikumbang Janti jantan diambil melalui vena brachialis sebanyak ± 1 ml. DNA dari sampel darah diisolasi menggunakan protocol Genomik DNA Purification Kit (Promega). DNA total kemudian diamplifikasi menggunakan sepasang primer F : 5’-GGA CAG CCT GAG AGA GT-3’ dan R: 5’-GAA GTC TCC CCA CCT TCC AC-3’ yang menghasilkan fragmen exon 3 gen GH sepanjang 833 bp, dan teramplifikasi sebanyak 116 sampel. Produk amplifikasi direstriksi dengan enzim TscAI yang mengenali situs pemotongan (CAGTG↓). Dari 116 sampel produk teramplifikasi diperoleh hasil restriksi 113 sampel, dan 3 bentuk genotip yaitu heterozigot (+/-) sebanyak 84, homozigot (+/+) sebanyak 10 dan homozigot (-/-) sebanyak 19. Analisis produk restriksi meliputi frekuensi alel yaitu alel (+) sebesar 0,460 dan alel (-) sebesar 0,540 serta frekuensi genotip heterozigot (+/-) sebesar 0,743 genotip homozigot (+/+) sebesar 0,089 dan homozigot (-/-) sebesar 0,168. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa frekuensi genotip dari gen yang diteliti pada populasi ini berada dalam ketidakseimbangan Hardy-Weinberg. Kata Kunci : Itik Sikumbang Janti jantan, Gen GH ( hormon pertumbuhan), enzim TscAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:58
Last Modified: 02 Aug 2016 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item