ADOPSI INOVASI BIOGAS PADA PETERNAKAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar)

Siti, Ainul Muharmaini (2016) ADOPSI INOVASI BIOGAS PADA PETERNAKAN SAPI POTONG (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsisiti full upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran adopsi inovasi biogas pada Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah dan untuk mengetahui kendala adopsi inovasi biogas pada Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016 sampai dengan bulan Maret 2016 dengan metode survei. Melalui kuisioner (daftar pertanyaan) pada 16 orang anggota Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah. Variabel penelitian yaitu karakteristik peternak, tahapan adopsi, ukuran adopsi inovasi, dan kendala yang dihadapi peternak dalam penerapan biogas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada tahapan adopsi inovasi 100% peternak menyadari terhadap suatu inovasi, 81,25% peternak minat terhadap inovasi, 100% peternak menilai terhadap inovasi, 62,5 % peternak mencoba inovasi, dan 31,5% peternak mengadopsi inovasi biogas. Berdasarkan ukuran adopsi inovasi kecepatan atau selang waktu berada pada kategori cepat dengan persentase 56,84 %. Pada luas penerapan 32,4% peternak menerapkan inovasi biogas dan mutu intensifikasi dengan membandingkan penerapan terhadap rekomendasi penyuluh yaitu baik dengan persentase 87,16%. Adopsi inovasi biogas tidak terdapat kendala pada unsur penyuluh, unsur sasaran, unsur pesan sedangkan pada unsur media terdapat kendala dengan besar persentase 68,75 % yaitu peternak kurang memahami jika materi menggunakan media massa. Kata Kunci : Adopsi Inovasi Biogas, Kendala Adopsi inovasi, Tahapan adopsi inovasi, Ukuran adopsi Inovasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:03
Last Modified: 02 Aug 2016 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item