GAMBARAN FAKTOR RISIKO PITIRIASIS VERSIKOLOR PADA PASIEN YANG BEROBAT DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUP DR. M. DJAMIL JANUARI 2013 SAMPAI DESEMBER 2014

VEGI, KURNIA PUTRI (2015) GAMBARAN FAKTOR RISIKO PITIRIASIS VERSIKOLOR PADA PASIEN YANG BEROBAT DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUP DR. M. DJAMIL JANUARI 2013 SAMPAI DESEMBER 2014. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504250048th_skripsi vegi kurnia putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pitiriasis versikolor adalah penyakit jamur superfisial kronik yang sering ditemukan terutama di negara tropis, seperti Indonesia. Penyebabnya adalah perubahan ragi saprofit pada kulit menjadi bentuk miselium parasitik. Faktor risikonya dapat berupa faktor endogen dan eksogen, yang bervariasi setiap orang. Usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, riwayat berkeringat, dan riwayat keluarga dapat mempengaruhi kerentanan seseorang terhadap penyakit ini. Penelitian ini bertujuan melihat gambaran faktor risiko pitiriasis versikolor pada pasien yang berobat di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUP Dr. M. Djamil Padang pada Januari 2013 - Desember 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di Bagian Rekam Medik RSUP Dr. M. Djamil dari Desember 2014 - April 2015 dan didapatkan jumlah sampel 33 orang. Data diolah dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan distribusi frekuensi masing-masing faktor risiko. Penelitian ini menemukan kejadian pitiriasis versikolor terbanyak pada kelompok usia dewasa (39,4%). Kasus terbanyak pada laki-laki (54,5%). Berdasarkan pekerjaan, terbanyak dari kalangan pelajar/mahasiswa (63,6%) dan menurut tingkat pendidikan, terbanyak adalah tamat SMA (42,4%). Sebagian besar pasien memiliki riwayat keringat berlebih (84,8%). Hanya sedikit (12,1%) yang mempunyai riwayat keluarga positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pasien pitiriasis versikolor terbanyak pada usia dewasa, laki-laki, pelajar/mahasiswa, pendidikan terakhir tamat SMA, mempunyai riwayat keringat berlebih, dan tidak memiliki riwayat keluarga dengan keluhan atau diagnosis yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:42
Last Modified: 02 Aug 2016 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item