POLA RESISTENSI BAKTERI PADA PASIEN COMMUNITY ACQUIRED PNEUMONIA YANG DIRAWAT DI BANGSAL PARU RSUP M DJAMIL PADANG PERIODE 1 JANUARI – 31 DESEMBER 2013

FADRIAN, HERJUNIO (2013) POLA RESISTENSI BAKTERI PADA PASIEN COMMUNITY ACQUIRED PNEUMONIA YANG DIRAWAT DI BANGSAL PARU RSUP M DJAMIL PADANG PERIODE 1 JANUARI – 31 DESEMBER 2013. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504220832nd_skripsi ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan resistensi bakteri penyebab CAP terhadap antibiotika yang lazim digunakan oleh klinisi dalam pemberian terapi empirik akan menyebabkan berkurang nya keefektifan terhadap terapi CAP. Hal ini akan berdampak kepada semakin tingginya angka morbiditas dan mortalitas yang disebabkan oleh infeksi CAP. Situasi ini merupakan masalah yang harus segera diatasi mengingat pasien infeksi CAP semakin bertambah dari hari ke hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola resistensi bakteri penyebab CAP terhadap antibiotika di bangsal paru RSUP. Dr. M. Djamil Padang pada periode 1 januari – 31 desember 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan data yang diperoleh diolah secara manual dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Dari penelitian terhadap data sekunder hasil uji sensitivitas antibiotika dan jenis bakteri dari 79 pasien, menunjukan jenis bakteri penyebab CAP adalah Klebsiella sp, Streptococcus α haemolitycus, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococus aureus. Pola resistensi menunjukan bahwa rata-rata bakteri mempunyai resistensi yang tinggi terhadap Sulfametroxazole+trimetropime, Ampicillin, dan Chloramphenicol. Sensitivitas tertinggi ditunjukan oleh Netilmicin, dan Meropenem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:59
Last Modified: 02 Aug 2016 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item