PERBANDINGAN DERAJAT ANSIETAS PADA GURU TAMAN KANAKKANAK DI ZONA MERAH DENGAN ZONA HIJAU DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

ELFANI, LISA ALVIONITA IFADA (2015) PERBANDINGAN DERAJAT ANSIETAS PADA GURU TAMAN KANAKKANAK DI ZONA MERAH DENGAN ZONA HIJAU DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201504210544st_skripsi elfani lisa alvionita ifada.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia berada pada kawasan Cincin Api Pasifik, yang merupakan tempat pertemuan lempeng-lempeng utama dunia dan bagian barat Sumatera merupakan segmen yang aktif melepaskan energi gempa bumi. Gempa bumi dengan fokus dangkal dan kekuatan lebih dari 7,5 SR dapat berisiko menimbulkan tsunami. Keadaan ini dapat menjadi sebuah ancaman fisik dan psikologis yang bila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan gangguan psikologis seperti ansietas. Guru TK berpotensi untuk mengalami ansietas dikararenakan dalam menjalani kehidupan profesinya sering menerima berbagai potensial negatif yang dapat menimbulkan suatu tekanan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan derajat ansietas pada guru Taman-Kanak-Kanak di Zona Merah dengan Zona Hijau di Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan analitik observasional menggunakan disain cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden yang dipilih teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anxiety) yang kemudian di analisis dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan derajat ansietas pada guru TK di Zona Merah 13 orang (38,24%) mengalami ansietas ringan, tiga orang (8,82%) ansietas sedang dan 18 orang (52,94%) tidak didapatkan gejala ansietas (normal). Sedangkan pada Zona Hijau didapatkan enam orang (17,65%) mengalami ansietas ringan, satu orang (2,94%) ansietas sedang dan 27 orang (79,41%) tidak didapatkan gejala ansietas (normal). Hasil uji statistik chi-square didapatkan p value 0,189 yang artinya tidak didapatkan perbedaan bermakna antara derajat ansietas pada guru TK di Zona Merah dengan Zona Hijau di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:46
Last Modified: 02 Aug 2016 01:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13819

Actions (login required)

View Item View Item