PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN KULIT BUAH KOPI DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Phanerochaete chrysosporium TERHADAP PERFORMA BROILER

WAHYU, RAHMI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN KULIT BUAH KOPI DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Phanerochaete chrysosporium TERHADAP PERFORMA BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
creativebicd15.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa batasan dan pengaruh penggunaan campuran Kulit Buah Kopi dan Ampas Tahu Fermentasi (KBKATF) dengan Phanerochaete chrysosporium terhadap performa broiler. Penelitian ini menggunakan broiler strain Arbor Acres (AA) CP-707 umur 3 hari dari PT Charoen Phokphan Jaya Farm Medan. Metode penelitian adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan yaitu A (0% KBKATF dalam ransum), B (5% KBKATF dalam ransum), C (10% KBKATF dalam ransum), D (15% KBKATF dalam ransum), dan E (20% KBKATF dalam ransum) dengan 4 kali ulangan. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor), pertambahan bobot badan (g/ekor), dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (p> 0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan campuran kulit buah kopi dan ampas tahu fermentasi dengan Phanerochaete chrysosporium sampai level 20% dalam ransum dapat mempertahankan performa broiler. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 1699,99 g/ekor, pertambahan bobot badan 929,57 g/ekor, dan konversi ransum 1,83. Kata kunci : KBKATF, Phanerochaete chrysosporium, broiler, pertambahan bobot badan dan konversi ransum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 01 Aug 2016 10:00
Last Modified: 01 Aug 2016 10:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item