NILAI DIDAKTIS CERPEN “MAJUTSU”, “TOSHISHUN” DAN “SHIRO” KARYA AKUTAGAWA RYUNOSUKE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

ARINI, YASMINI PUTRI (2013) NILAI DIDAKTIS CERPEN “MAJUTSU”, “TOSHISHUN” DAN “SHIRO” KARYA AKUTAGAWA RYUNOSUKE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
creativebicd2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: “Majutsu”, “Toshishun”, “Shiro”, sastra anak, kepribadian anak, kognitif, nilai didaktis sastra. “Majutsu”, “Toshishun” dan “Shiro” merupakan cerita anak yang ditulis pada periode awal kehadiran kesusastraan anak di Jepang. Keunggulan kehadiran sastra anak adalah kandungan nilai yang tersimpan di dalamnya, terutama jika sastra menyuarakan nilai-nilai positif. Melalui nilai-nilai positif tersebut, secara tidak langsung karya sastra akan memberikan pengajaran yang menyaran pada aspek kejiwaan dan kepribadian anak. Penelitian ini, membahas nilai didaktis yang digambarkan dalam cerpen “Majutsu”, “Toshishun” dan “Shiro” karya Akutagawa Ryunosuke. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yakni bentuk penelitian yang mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada di dalam cerita. Analisis menggunakan teori didaktis yakni meneliti nilai-nilai didaktis atau pendidikan yang terkandung dalam cerpen “Majutsu”, “Toshishun” dan “Shiro”, dibantu teori psikologi kepribadian kognitif George A Kelly sebagai landasan penulisan. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa: 1) Kondisi kejiwaan yang dialami para tokoh tidak stabil dan semua itu terjadi akibat pribadi yang lemah; 2) Ketika menghadapi masalah mereka memikirkan terlebih dahulu apa keuntungan maupun kerugian yang akan diterimanya secara pribadi; 3) Nilai didaktis yang terkandung pada ketiga cerpen adalah nilai didaktis religius, sosial dan personal, dapat diuraikan sebagai berikut; a) Nilai didaktis religius yang terkandung dalam ketiga cerpen yaitu mengenai kehidupan yang penuh kemuliaan, batin yang berhubungan dengan Tuhan dan rasa takut; b) Nilai didaktis sosial sosial adalah sikap kesabaran, sopan-santun dan tolong-menolong, serta c) Nilai didaktis personal yaitu rasa cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan dan harapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:33
Last Modified: 01 Aug 2016 09:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item